TIPS Cerdik Memahami Pengisian Pulsa elektronik



Pulsa saat ini menjadi kebutuhan wajib. Kebutuhan akan pulsa itu menjadikan bisnis voucher tidak akan pernah sepi pembeli. Meski profit per transaksi tidak terlalu besar, bisnis pulsa mampu menghasilkan profit yang tidak kecil. Penyebabnya, repeat order yang tinggi dan jumlah pembeli yang terus bertambah.

Pulsa Elektronik adalah sistem pengisian pulsa melalui nomor handphone konsumen tanpa menggunakan kode voucher. Masing-masing operator GSM atau CDMA mengembangkan pengisian pulsa secara elektronik ini karena dinilai lebih praktis dan tidak memakan biaya banyak. Coba saja jika semua pulsa dijual dalam bentuk voucher fisik, berapa besar biaya yang dikeluarkan untuk ongkos cetak voucher tersebut.

Pengisian secara elektronik memberikan solusi bagi penjual pulsa untuk meminimalkan chip yang harus dimiliki untuk setiap operator. Dengan model ini, penjual pulsa cukup memiliki satu chip untuk semua operator.

Inilah yang mengilhami munculnya produk-produk pulsa elektronik All Operator. Yakni produk pengisian pulsa elektronik tak langsung dalam satu chip. Pengguna produk tersebut bisa mengisikan berbagai macam pulsa elektronik seluruh operator yang ada di tanah air.

Kenapa disebut pengisian pulsa tak langsung? karena sebenarnya kita tidak memiliki chip resmi yang digunakan untuk bertransaksi ke produk pulsa tersebut secara langsung. Yang memilikinya adalah para pemilik server pulsa elektronik all operator. Dan karena itulah segala permasalahan sering timbul dari produk pulsa elektronik all Operator yang banyak ditawarkan sekarang.

Memuaskan Pelanggan

Memang tidak mudah mewujudkan kepuasan pelanggan secara maksimal. Hal utama yang bisa memaksimalkan kepuasan pelanggan adalah server pulsa yang mempunyai performa tinggi. Faktor-faktor apa yang mempengaruhi performa suatu server pulsa antara lain, Kompabilitas Software. Software yang baik dapat dilihat dari kemampuan komponennya dalam menjalankan proses transaksi dan untuk memecahkan masalah yang terjadi pada saat proses pengisian pulsa berlangsung. Sekarang ini banyak sekali tersedia software pulsa all operator beredar di pasaran dengan berbagai macam pilihan.

Kedua adalah Hardware yang mumpuni. Jika menginginkan proses transaksi yang cepat, disamping harus menggunakan software yang baik, juga perlu di perhatikan spesifikasi komputer yang digunakan untuk jalannya software tersebut. Makin tinggi spesifikasinya tentunya akan makin bagus cara kerjanya.

Kemudian, Server Pulsa di masing-masing Operator. Stabilitas ini amat penting, karena sering kali sebuah server pulsa elektronik all operator akan mengalami gangguan pada produk pulsa tertentu karena memang produk pulsa elektriknya sedang mengalami gangguan.

Selanjutnya adalah Stabilitas Koneksi. Yang dimaksud disini adalah stabilitas koneksi internet. Seringkali penyedia jasa pengisian pulsa elekronik all operator menggunakan sistem H2H untuk beberapa produk pulsanya. Hal ini sebenarnya memberikan tambahan resiko keterlambatan pulsa jika terjadi gangguan koneksi internet atau gangguan server H2H distributor.

Terakhir, Keberadaan SMS operator. SMS operator ini amat penting agar proses pengiriman bisa langsung sampai ke SMS center sebagai input data ke server pulsa. Seringkali ada kejadian salah satu operator cellular ketika berkirim sms pending beberapa waktu baru kemudian masuk ke nomor tujuan. Hal ini tentu menghambat kelancaran transaksi pulsa.

Kekurangan Server All Operator

Di samping memiliki kelebihan-kelebihan, tentu produk server all operator juga memiliki kelemahan. Kekurangannya antara terjadi pada jam-jam padat transaksi atau pada saat terjadi transaksi bersamaan dalam jumlah yang besar, akan terjadi keterlambatan pemasukan pulsa oleh server.

Seringkali terjadi keterlambatan penginformasian apabila terjadi masalah pada suatu operator pada saat terjadi troble. Selain itu juga tidak adanya sistem buka tutup pada kode-kode nominal yang mengalami masalah, sehingga tiap transaksi yang terlanjur masuk tidak bisa ditarik kembali.

Untuk membatalkan transaksi diperlukan waktu untuk mengecek ke operator seluler yang terkait atau ke supplyer dan biasanya hal ini akan memakan waktu yang agak lama. Masuknya saldo kadang lambat atau tidak bisa langsung masuk. Hal ini dikarenakan pengecekan saldo dilakukan secara berkala.

Sistem Kerja Masukan

Adalah nomor handphone yang yang terhubung ke komputer yang berguna sebagai penerima order pulsa dari para pelanggan. Nomor ini yang kemudian dikenal sebagai "Sms Center" yang biasanya menggunakan nomor XL, AS dan IM3. Ini dikarenakan, SMS di ketiga operator tersebut paling murah dan mempunyai jaringan yang kuat sampai ke pelosok-pelosok desa.

Proses

Proses ini adalah bagian terpenting dari sistem pengisian pulsa eletronik all operator. Dalam proses ini, SMS yang masuk ke input melalui SMS center dengan format yang telah ditentukan akan di proses sesuai dengan yang diminta pelanggan. Proses dilakukan oleh suatu program pengisian pulsa yang terinstall pada suatu komputer. Komputer dan software inilah yang disebut sebagai Server Pulsa.

Sebuah server pulsa akan terhubung dengan chip tiap-tiap operator untuk melakukan proses pengisian pulsa atau juga bisa dihubungan ke server pulsa lain melalui koneksi internet yang menyediakan stock pulsa. Koneksi dari server to server ini yang disebut sebagai sistem Host to Host (H2H).

Laporan

Adalah sms yang dikirimkan ke hp pelanggan yang menyatakan bahwa order yang dikirimkan ke server sudah berhasil atau gagal diproses.

Sumber : Website Fortune

Baca Yang Ini Juga Ya

Komentarlah setiap kali membaca postingan, biar penulis bisa memperbaiki lagi tulisannya besok-besok makasih udah berkunjung dan jangan lupa kunjungi lagi

kalau suka dengan artikel ini ayo vote sekarang:

Ayo Lihat Top100 Jangan2 Blog/Web Anda Nangkring Di Urutan Pertama 100 Blog Indonesia Terbaik

0 komentar